Resep Membuat Kue Pukis Dirumah Yang Enak dan Lembut Khas Jawa

Resep Mama Ku - Haii Sahabat Resep Mama Ku,, Lagi bosen di rumah ya? atau lagi nongkrong tapi gak ada cemilan.? hehehe... dari pada nganggur di rumah mending buat kue aja, nih aku kasih resep yang gampang banget dan dijamin bisa bikin kamu gak bete di rumah. kali ini kita akan membahas tentang resep dari kue pukis,, kue pukis ini sering banget kita temui di pasar - pasar tradisional dengan harga yang sangat murah dan rasa nya yang nikmat, gak salah kalau kue ini banyak yang suka termasuk anak-anak sekolah, tapi dari pada beli di pasar yang gak terjamin kebersihan nya, mending kita buat sendiri aja di rumah,, Penasaran sama resep nya? Yuk,, Langsung saja kita lihat resep nya.

Bahan Yang Harus Disiapkan :
  •     180 mililiter santan kelapa
  •     ½ sendok makan ragi (yeast) instan
  •     3 butir telur ayam
  •     100 gram gula pasir
  •     150 gram tepung terigu
  •     Isi : Kismis, kelapa, coklat, selai nanas, selai strowberry, keju (sesuai selera yang anda inginkan)
Cara Membuat Kue Pukis :
  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Siapkan santan, masak santan sampai mendidih. kemudian Angkat, lalu diamkan/tunggu sampai santan hangat/tidak terlalu panas
  2. Selanjutnya Campurkan ragi bersama dengan santan hangat sampai merata, diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit hingga adonan timbul dan berbuih.
  3. Tahap Selanjutnya, kocok telur bersama gula hingga mengental dan mengembang, lalu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai merata.
  4. Berikutnya masukkan larutan santan dan ragi, aduk lagi hingga merata. (diamkan adonan selama 15 menit)
  5. lalu Panaskan cetakan kue pukis dengan api sedang atau tidak terlalu besar, olesi cetakan dengan margarin. lalu Tuangkan adonan ke dalam lubang cetakan sampai hampir penuh.
  6. Kemudian masukkan isi disaat adonan setengah matang, tutup kembali adonan lalu biarkan adonan sampai matang (pinggirnya terlihat nampak kering). lalu Angkat.
  7. Terakhir Olesi pukis yang sudah matang dengan margarin, Kue pukis siap untuk disajikan.
Tips Wajib Baca !
Untuk ingin hasil yang lembut anda dapat menggunakan tepung dengan merk segi tiga, karna tepung itu sangat cocok untuk kue pukis..
Jika ingin adonan anda tidak lengket di cetakan, saran saya masukan adonan di saat cetakan benar - benar panas, lalu kecilka api agar adonan matang merata.
Trimakasih anda telah membaca Tips dan Resep kami, Semoga Tips dan Resep kami dapat bermanfaat untuk menambah ilmu membuat kue anda, dan jangan lupa untuk membaca resep - resep kue lain nya hanya di Resep Mama Ku,,  Selamat Mencoba. :)