Pengin Bikin Bolu Gulung Batik Empuk dan Lezat ? Ini Resepnya...

Pengin Bikin Bolu Gulung Batik Empuk dan Lezat ? Ini Resepnya... Jika dulu kegiatan membatik hanya bisa dilakukan pada kain, maka kini membatik bisa dilakukan pada bolu gulung. Anda pun bisa mencoba membuatnya di rumah.

Untuk membuat bolu gulung batik tidaklah berbeda dengan membuat bolu gulung biasa, hanya saja diperlukan kesabaran yang ekstra. Mengukir adonan menjadi motif batik adalah kegiatan yang memerlukan ketelatenan dan kehati-hatian agar hasilnya bisa sesuai harapan.

Untuk membuat ukiran batik, bahan yang diperlukan adalah adonan kue yang sebelumnya telah diberi pewarna makanan. Motif batik yang dibuat juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, tentu saja motif yang rumit akan menghasilkan kue yang cantik juga.

Video :
1 :

2 :



Cara membuat bolu gulung batik kukus ini cukup mudah, persiapkan terlebih dahulu corak batik yang akan dibuat. Bisa pilih design batik Cirebon dengan motif mega mendung, design batik Pekalongan dengan motif jlamprang, design batik Indramayu dengan motif dermayon dan motif-motif lainnya. Untuk pemula sebaiknya pilih motif yang tidak terlalu rumit seperti motif kawung misalnya.

Setelah menentukan motif batik yang akan di aplikasikan untuk membuat bolu gulung, print motif batik tersebut sesuai ukuran loyang yang akan digunakan. Saat latbar kemarin kami menggunakan loyang ukuran 24 x 24 cm, jadi peralatan yang diperlukan antara lain :

* Loyang ukuran 24 x 24 cm
* Kertas roti
* Motif batik yang telah di print dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran loyang
* Alas kue yang akan digunakan sebagai alas saat membatik
* Pewarna makanan sesuai warna yang dibutuhkan
* Klakat untuk mengukus
* Mixer untuk mengocok adonan
* Baskom untuk tempat mengocok adonan
* Mangkuk kecil untuk mewarnai adonan
* Plastik segitiga/piping bag

Langkah pertama buat adonan bolu gulung terlebih dahulu, adonan bolu gulung bisa dibuat dari resep membuat bolu gulung kukus yang akan saya posting berikutnya. Setelah adonan bolu gulung siap ambil sedikit adonan tersebut untuk diberi warna, lalu masukan adonan yang telah diberi warna tersebut kedalam piping bag. Lalu gambar motif batik dengan menggunakan adonan yang telah diberi warna tadi, caranya seperti foto dibawah, letakan alas kue paling bawah, lalu hasil print-nan motif batik dan paling atas kertas roti, agar kertas tersebut tidak bergeser gunakan penjepit. Setelah selesai membuat motif lalu angkat perlahan kerta roti tersebut untuk dipindahkan ke dalam loyang.

Setelah kukusan pertama tersebut lalu siram kembali dengan sisa adonan tadi dan kukus kembali. Setelah matang angkat lalu angkat dan keluarkan dari loyang. Lepaskan kertas roti yang menempel pada cake, lalu balikan kue (bagian yang bermotif ada dibagian bawah). Jangan lupa bolu yang akan digulung tersebut dialasi dengan kertas roti berukuran melebihi ukuran bolu. Beri isian dengan selai blueberry, butercream keju atau lainnya lalu gulung perlahan menggunakan kertas roti. Jangan lepas terlebih dahulu kertas roti tersebut sampai gulungan bolu benar-benar kokoh, bila sudah kokoh baru dibuka. Untuk pemula seperti saya, yang baru pertama kali membuat bolu gulung batik kukus, Alhamdulilah cukup rapi menurut saya.

Sumber2 : https://www.youtube.com/channel/UC8uDpKgtVekt9QqK6jG3NaA, sandiari.com, okezone.com